APA ITU VENTURE CAPITAL

Cara Pandang Orang Kaya & Orang Miskin

12/11/2017


Saya mempunyai banyak teman dari segala bidang, golongan dan kasta. Dari sekian banyak teman saya dan saya iseng meneliti bagaimana cara hidup mereka dengan beberapa pola yang saya rasa sangat berbeda dengan yang lainnya. Disini saya membahas dan membedakan menjadi 2 golongan simple antara cara hidup orang kaya dan cara hidup orang miskin. Semua yang saya pelajari dan amati ternyata ada beberapa perbedaan pola gaya hidup dan cara berfikir bahkan ketika kita dekat seseorang hanya dengan merasakan auranya kita merasakan dan menilai dia orang kaya atau miskin.

Bukan karena saya ingin mengkastakan orang lain dan menghakimi nya, di sini saya menulis untuk mengubah wawasan dan mungkin saja membantu bagi sang pembaca. Sebagai contoh beberapa teman berkata "Cinta akan uang adalah akar segala kejahatan", yang lain mengatakan "Kekurangan uang adalah akar segala kejahatan".


Banyak hal yang membuat saya bingung tentang 2 kalimat ini, tak ada yang dibenarkan dan tak ada yang disalahkan tergantung bagaimana kita melihat dari sudut pandang mana. Banyak waktu saya merenung dan berfikir bertanya dalam hati, hal mana yang paling benar, "Mengapa mereka berbeda pendapat ?". Dan saya mencoba menyimpulkan, salah satu alasan orang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin dan kelas menengah terlilit hutang adalah pembelajaran tentang uang di rumah, dan tidak disekolah. Yang membuat saya sedih adalah ternyata sekolah tidak penah mengajari kita tentang "Uang" dan bagaimana cara kerjanya, dan sekolah hanya mengajarkan specialis bukan membuat kita kaya. Sekolah hanya mengajarkan kita menjadi pintar dan akhirnya menjadi karyawan bukan mengajarkan bagaimana membuat uang bekerja untuk kita.

Dari sekian banyak teman yang saya kenal kebanyakan teman saya yang kaya itu berbeda bagaimana dia bekerja, dibandingkan teman saya di kelas menengah dan bawah. Apapun hal semua berbeda bahkan jauh berbeda, entah hal besar maupun hal kecil. Uang adalah satu bentuk kekuatan. Namun, yang lebih kuat adalah pendidikan keuangan. Uang datang dan pergi, tapi kalau anda mendapat pendidikan tentang cara kerja uang, anda memperoleh kekuasaan atasnya dan bisa mulai membangun kekayaan. Saya jelaskan disini beberapa point penting.



ORANG KAYA TIDAK BEKERJA UNTUK UANG
Orang miskin dan menengah bekerja untuk uang. Orang kaya membuat uang bekerja bagi mereka. Saya mempunyai banyak komunitas entah kalangan atas dan bawah, saya terus mengamati. ketika saya berada di komunitas orang pebisnis mereka dari kepribadian sangat rendah hati, tidak menyombongkan uang mereka walaupun saya tau mereka benar-benar kaya, justru orang menengah dan bawah yang selalu menyombongkan apa yang mereka punya. Cara berfikir teman kaya saya pun sangat berbeda, sempat saya menanyakan ketika krisis global sedang terjadi dan saya bertanya kepada salah satu teman saya, " Ko, kan sekarang bisnis lagi goyang semua tapa bingung, kalo menurut koko gimana sikapnya?", dengn santinya dia berkata , " Yaa dihadapin ajah Nuk, justru karena bisnis itu naik turun itu seni nya, kita belajar mengendalikan uang dan emosi mengeluarkan uang".

Sangat jauh berbeda dengan teman saya yang berada menengah kebawah yang selalu cemas ketika harga panganan meningkat dan sulit mendapatkan pekerjaan, dan ketika mendapatkan gaji selalu tak mampu mengendalikan uangnya untuk menghabiskannya bahkan sampai berhutang untuk menyenangkan hatinya. Hal itu yang sangat tidak dewasa sekali secara keunangan karena kelas bawah dan menengah beranggapan hari esok mereka akan dapat, yaitu gaji.. sedangkan orang Kaya selalu mengendalikan uang yang mereka miliki dan berfikir bagaimana membuat uang ini bertambah tanpa harus kita bekerja keras lagi.








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

EVO GROUP BERBAGI BERSAMA ANAK YATIM