APA ITU VENTURE CAPITAL

Mau Kredit Rumah Tanpa Bank? Bisa! Ini Tips Amannya

2/14/2018

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya cara pembayaran pembelian rumah ataupun apartemen ada tiga jenis: cash keras, cash bertahap (instalment), atau dengan dicicil. Dan untuk opsi pembayaran dengan sistem cicilan atau kredit, kebanyakan orang umumnya akan memanfaatkan program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dari bank. Tapi jika Anda mau kredit rumah tanpa bank juga bisa.
Pernah melihat iklan properti yang berbunyi, ’Angsuran 36 kali tanpa DP?' kan?! Nah, iklan ini biasanya akan merujuk pada sebuah proyek pembangunan rumah atau apartemen yang sedang dipasarkan. Dan ini artinya, bahwa rumah atau apartemen tersebut bisa dimiliki dengan angsuran selama 36 kali dan tanpa uang muka!

Loh, kok, bisa? Jadi bila dalam skema KPR, ada bank yang berperan sebagai pihak ketiga. Pihak bank-lah yang membiayai pembelian rumah Anda dengan menyediakan uang tunai untuk dibayarkan ke developer. Sebagai gantinya, Anda menyicil pembayaran rumah ke bank disertai dengan bunganya.

Nah, iklan di atas bisa dibilang sebagai cara lain untuk mencicil rumah, Anda langsung mencicil rumahnya langsung ke pengembang atau istilahnya kredit in-house dari developer. Jadi urusan perjanjian jual beli rumah hanya melibatkan dua pihak, antara Anda sebagai pembeli dan pihak developer. Bank sama sekali tak terlibat di sini, konsumen hanya berhubungan dengan developer saja.


Keuntungan Cicil Rumah Langsung ke Pengembang

Lalu apa saja keuntungan kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang?
  • Tidak pakai DP
Tidak pakai uang muka atau DP. Tapi pengembang biasanya akan minta booking fee dibayarkan sebagai tanda jadi keseriusan Anda memboyong unit yang ditawarkan.
  • Tidak ada bunga
Beda halnya dengan produk KPR atau KPA di mana bank memungut bunga dari kredit yang dicairkan, kredit in-house atau cicilan ke pengembang bukan produk bank, artinya tidak ada pengenaan bunga di sini. Ingat, developer bukan bank, jadi dilarang memungut bunga.

Untuk mengetahui berapa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan ke bank setiap bulannya jika menggunakan skema cicilan KPR, simulasikan hitung-hitungannya dengan kalkulator KPR persembahan Rumah.com. 

Sebagai contoh, jika harga rumah adalah Rp600 juta dan tanpa uang muka dengan cicilan selama 20 kali, artinya Anda harus mengangsur setiap bulan sebanyak Rp30 juta tanpa dikenakan bunga.
  • Proses lebih ringkas
Dengan mencicil kepada pengembang artinya hanya melibatkan antara pembeli dan pengembang saja. Artinya, prosedur yang mesti dilewati lebih ringkas. Beda dengan bank yang prosedurnya panjang sehingga lumayan menguras waktu.
  • Lebih hemat biaya
Jika Anda mengajukan cicilan KPR di bank Anda akan dikenakan biaya provisi, biaya survei, biaya appraisal, dan lain sebagainya. Beda dengan cicilan langsung ke pengembang yang sama sekali tak ada biaya macam-macam.
  • Jangka waktu cicilan bisa dinegosiasikan
Anda masih bisa ‘menggoyang’ masa cicilan lebih panjang lagi sekalipun pihak pengembang telah menetapkan lama masa cicilan. Tapi ini tergantung kelihaian Anda bernegosiasi.
Jadi skema kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang seperti Anda ‘mengontrak’ rumah kepada pengembang dalam waktu yang pendek. Begitu masa angsuran selesai maka rumahnya secara otomatis langsung jadi hak milik Anda, dan sertifikatnya juga akan langsung diberikan pengembang.

Dengan skema tersebut, proses serah terima rumah biasanya dilakukan saat pembayaran nilainya sudah di atas 80 persen dari harga rumah. Tapi hal itu juga tidak mutlak, tergantung dengan isi perjanjian antara pihak pembeli dan pengembang.
2 dari 3 halaman

Tips Aman Cicil Rumah Langsung ke Pengembang

Tapi jangan keburu nafsu, simak tips aman kredit rumah tanpa bank alias cicil rumah langsung ke pengembang berikut ini.
  • Anda wajib mengomunikasikan segala jenis kesepakatan antara Anda dengan pengembang, terutama seputar kejelasan serah terima rumah. Bila perlu cantumkan poin tersebut dalam Perjanjian Jual Beli (PJB) yang disahkan notaris.
  • Tahap awal dimulai dengan membayar booking fee sebagai tanda jadi membeli unit rumah atau apartemennya. Tapi adakalanya pengembang mensyaratkan uang muka yang besarannya bisa dinegosiasikan.

Info lebih lanjut hub :
Wisnu Broto
Direktur Evo Group Investor
28 Tahun
082188064790
www.evokonsultan.com


Omong-omong soal Properti, apa sudah punya rumah idaman dengan harga 30%-50% 
lebih murah dari harga pasar? Jika belum cek di sini untuk pilihan rumah idaman termurah mulai harga Rp500 jutaan di Surabaya sekitarnya CLIK : http://www.evokonsultan.com/search/label/Properti%20Di%20Bawah%20Harga%20Pasar.?max-results=5

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

EVO GROUP BERBAGI BERSAMA ANAK YATIM