4/06/2018


Liputan6.com, Jakarta Tips lunasi cicilan rumah lebih cepat? Bagaimana mungkin, sedang masa cicilan kan sudah ditentukan saat pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah)Ya, bagi Anda yang sedang dalam masa mencicil rumah atau tengah berencana membeli rumah dengan cicilan KPR, tips cicil rumah agar cepat lunas ini tentunya sangat berguna bagi Anda.
Sebagai ilustrasi, jika tenor cicilan KPR Anda selama 15 atau 20 tahun itu berarti Anda harus mencicil selama itu. Waktu yang panjang sehingga terasa melelahkan. Belum lagi apabila nanti di tengah perjalanan ada kebutuhan yang butuh dana besar seperti renovasi rumah, biaya rumah sakit, atau daftar sekolah.
Jadi jika memang bisa dilunasi secepatnya, mengapa tidak?! Untuk itu, simak tips lunasi cicilan rumah lebih cepat berikut ini.
1 dari 3 halaman

Kurangi Sisa Pokok KPR

  • Mengurangi Sisa Pokok KPR
Tahukah Anda jika ternyata beban cicilan KPR dapat di atasi dengan mengurangi sisa pokok? Caranya, adalah dengan menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.
Simulasikan kemampuan finansial Anda lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com.
Ketika menerapkan cara ini mungkin saja Anda harus merelakan beberapa biaya hidup harus terpotong, semisal makan siang di luar, tabungan, serta investasi. Bila Anda memiliki penghasilan Rp9 juta per bulan—dimana sekitar Rp3 juta digunakan untuk mencicil KPR—berarti Anda memiliki sekitar Rp6 juta untuk biaya hidup per bulan.
Ke depan, Anda bisa mengurangi biaya hidup, misalnya menjadi sekitar Rp4 juta saja per bulan. Dengan demikian, Anda memiliki Rp2 juta per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR. Jika cara ini diterapkan secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan lebih cepat lunas.
2 dari 3 halaman

Pindah ke Bank Syariah

  • Pindah Tangan ke Bank Syariah
Bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli. Intinya, ketika Anda melakukan take overatau pindah tangan KPR ke Bank Syariah, maka nominal angsuran bulanan Anda menjadi tetap. Perhitungan ilustrasinya bisa dilihat di bawah ini dengan mengambil contoh marjin 6,9%.
Pengajuan Kredit    : Rp200.000.000 (marjin 6,9%, selama 10 tahun)
Keuntungan Bank   : 6,9% x 10 x Rp200.000.000    = Rp138.000.000
Total KPR               : Rp200.000.000 + Rp138.000.000   =  Rp338.000.000
Angsuran Bulanan  : total KPR / 120 bulan           =  Rp2.816.667
Kesimpulannya, melalui jalan berpindah tangan ke bank syariah Anda memperoleh angsuran yang lebih ringan. Anda bisa menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR Anda. Proses take over biasanya dikenai biaya dan Anda juga akan dikenakan penalti sebesar 1% dari sisa pokok.

Info lebih lanjut hub :
Wisnu Broto
Direktur Evo Group Investor
28 Tahun
082188064790
www.evokonsultan.com 

Omong-omong soal Berita, apa sudah punya Investasi rumah idaman untuk tabungan pensiun anda di hari tua,dengan harga 30%-50% lebih murah dari harga pasar?
Sebagai contoh Komplek Perumahan Gunung Anyar dengan nilai pasar 3 M kita beli hanya 1 M !!

Jika belum cek di sini untuk Investasi rumah idaman anda dengan harga termurah, mulai harga Rp500 jutaan di Surabaya sekitarnya CLIK :
http://www.evokonsultan.com/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »