Cara Aman Beli Rumah Lelang Bekas

4/19/2018

dp rumah

Liputan6.com, Jakarta RumahCom – Membeli rumah baru memang punya keistimewaan tersendiri. Meski begitu, rumah bekas yang didaur ulang alias direnovasi kembali juga tak kalah menguntungkan dari segi aset investasi.

“Saya pernah membeli rumah lelang bekas, saya jual lagi, dan berhasil meraup untung sebesar harga satu rumah baru,” kata Rini Indriyanti, wiraswasta sekaligus investor properti.
Rumah bekas yang dilelang memang acapkali dibanderol dengan harga miring. Kalau beruntung, pembelinya bahkan bisa mendapatkan tanpa persaingan ketat. Tanpa proses renovasi, rumah lelang bekas pun bisa laris dijual kembali. Hal tersebut biasanya karena lokasi rumah yang strategis serta fasilitas umum sekitar yang memadai.

(Sebelum beli rumah, pastikan Anda sudah menyimak Review Properti dari Rumah.com)
Serupa, Andreas Widjaja selaku pemilik PT Anugerah Jaya Realty yang bergerak di bidang manajemen properti dan pengembangan, juga mengandalkan rumah lelang bekas untuk diperbaiki dan dijual kembali.

“Membangun rumah dari nol jauh lebih mahal dan berbelit karena proses perizinan yang panjang dan lama, berbeda dengan rumah bekas yang sebagian izin sudah ada,” jelasnya.

Dengan demikian, ia menambahkan, Return of Investment (ROI) jauh lebih cepat dibanding harus membangun dari nol. "Toh harga rumah bekasnya cukup kompetitif dibandingkan rumah baru, dengan DP rendah dan tawaran skema KPR subsidi maupun non subsidi," Andreas berujar.

Meski begitu, berburu rumah lelang bekas kenyataannya gampang-gampang susah. Tak pelak, Rini dan Andreas mencarinya melalui balai lelang atau rumah lelang, dan data rumah lelang yang didaftarkan di perbankan seperti Bank BTN.

Setiap kantor cabang Bank BTN biasanya memiliki daftar rumah yang kreditnya macet. Rumah bekas dalam daftar tersebut jumlahnya beragam, kondisinya juga bervariasi, dan lokasinya tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Namun saat ini jumlah rumah lelang yang terbatas membuat mereka harus memiliki akses informasi yang akurat, cepat dan bisa diandalkan. Maklum, kalau mereka terlambat mengetahui informasi rumah lelang bekas maka cuan pun hilang.


“Keterbaruan informasi dan akses untuk mengikuti lelang sangat kami butuhkan. Untuk itu kehadiran aplikasi atau portal rumahmurahbankbtn sangat membantu,“ kata Rini. (Simulasikan cicilan KPR Anda per bulannnya lewat kalkulator KPR dari Rumah.com)

Untuk membeli rumah lelang bekas, masyarakat hanya perlu membuka langsung laman Rumah Murah BTN. Sementara untuk detail lebih lanjut, ada contact person terkait yang bisa dihubungi. Dengan begitu pembeli dan penjual bisa langsung melakukan penawaran harga.

Sumber informasi dari situs maupun aplikasi ini sangat memudahkan para investor rumah bekas. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan kecenderungan orang untuk membeli barang via online, membuat cara konvensional mulai ditinggalkan.

Jika sebelumnya informasi rumah lelang diperoleh dalam bentuk hardcopy, kini semua beralih ke sistem online. 

“Dulu kami harus menelusuri daftar rumah lelang di buku, sedangkan untuk mengeceknya langsung harus ke kantor cabang Bank BTN. Tanpa aplikasi atau situs, proses mencari rumah lelang tidak efisien waktu dan biaya," kata Rini dan Andreas sepakat.

    Info lebih lanjut hub :

    Wisnu Broto
    Direktur Evo Group Investor
    28 Tahun
    082188064790
    www.evokonsultan.com 

    Omong-omong soal Berita, apa sudah punya Investasi rumah idaman untuk tabungan pensiun anda di hari tua,dengan harga 30%-50% lebih murah dari harga pasar?
    Sebagai contoh Komplek Perumahan Gunung Anyar dengan nilai pasar 3 M kita beli hanya 1 M !!

    Jika belum cek di sini untuk Investasi rumah idaman anda dengan harga termurah, mulai harga Rp500 jutaan di Surabaya sekitarnya CLIK : www.evokonsultan.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »