APA ITU VENTURE CAPITAL

Cek Tarif BPHTB Terbaru!

5/19/2018

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui tarif BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) terbaru sangat penting dilakukan agar tidak salah dalam perhitungan. Lantaran membeli rumah tidak hanya sebatas mempersiapkan dana untuk harga rumahnya saja, melainkan juga pajak-pajak lainnya.
Merujuk Pasal 85 ayat satu dan dua huruf a angka 1 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (“UU 28/2009”), diatur bahwa yang menjadi objek pajak adalah perolehan hak atas tanah dan atau bangunan.
Perolehan hak atas tanah dan atau bangunan tersebut salah satunya meliputi pemindahan hak karena adanya proses jual beli. Simak juga: Info Penting Seputar PBB Yang Harus Anda Ketahui
Dalam Paket Kebijakan Ekonomi XI, ditetapkan bahwa tarif BPHTB terbaru saat ini hanya sebesar 1% dari sebelumnya maksimum 5%. Khusus bagi tanah dan bangunan yang menjadi aset DIRE atau Dana Investasi Real Estat.

Akan tetapi sayangnya, kebijakan tersebut belum diterapkan sepenuhnya di lapangan. Hanya saja ada beberapa daerah yang sudah melakukan pengurangan terhadap tarif baru BPHTB sebagai dasar perhitungan, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Riau.

Hal ini salah satunya dipicu karena belum terbitnya Peraturan Pemerintah terkait dengan penurunan tarif BPHTB menjadi 1%.

(Simak Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya)

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini telah menggratiskan biaya BPHTB bagi tanah yang nilainya dibawah Rp2 miliar melalui Peraturan Gubernur No. 193 Tahun 2016.
Sementara itu Kementerian ATR/BPN juga menghadirkan sistem ‘BPHTB Terhutang’ di mana masyarakat tetap bisa mendapatkan sertifikat tanahnya meskipun belum membayar lunas BPHTB.
Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan yang Terutang adalah BPHTB yang harus dibayar pada suatu saat, dalam masa pajak, dalam tahun pajak atau dalam bagian tahun pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan daerah.


Info lebih lanjut hub :

    Wisnu Broto
    Direktur Evo Group Investor
    28 Tahun
    www.evokonsultan.com 


    Omong-omong soal Berita, apa sudah punya Investasi rumah idaman untuk tabungan pensiun anda di hari tua,dengan harga 30%-50% lebih murah dari harga pasar?
    Sebagai contoh Komplek Perumahan Gunung Anyar dengan nilai pasar 3 M kita beli hanya 1 M !!  "EVO AKAN MEMBERIKAN KOMISI BROKER 3% - 5%

    Jika belum, cek di sini Pusat Jual Beli Rumah 50% Dibawah Harga Pasar Berkualias Dan Terpercaya, mulai harga Rp500 jutaan di Surabaya sekitarnya.


    CLIK >>>>  www.evokonsultan.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

EVO GROUP BERBAGI BERSAMA ANAK YATIM