Ziarah ke Makam Syekh Yusuf, Ma'ruf Amin: Ini Contoh Pahlawan Panutan

2/21/2019
Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin berziarah ke makam Syekh Yusuf Al Makassari Al Bantani, di Makassar. Didampingi istrinya, Wury Estu Handayani, dia langsung mendoakan almarhum dan menabur bunga.

Ma'ruf menceritakan, Syekh Yusuf bukan hanya sekedar tokoh ulama besar semata tapi juga pejuang bangsa.

"Syekh Yusuf seorang ulama pejuang berani dan juga pemimpin tarekat. Jadi pahlawan yang lengkap sekali," kata Ma'ruf, Kamis (21/2/2019).

Dia menilai sosok Syekh Yusuf ini bisa dijadikan contoh bagi semua kalangan.

"Pejuang yang tidak berhenti gitu saja. Sampai dibuang ke Afrika Selatan, beliau tidak takut. Ini contoh pahlawan yang bisa jadi panutan," tukas Ma'ruf Amin.

Perlu diketahui, Pemerintah Afrika Selatan memberikan gelar pahlawan kepada Syekh Yusuf. Hal itu terungkap saat Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma bertemu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Maret 2017.

Zuma mengatakan, gelar pahlawan diberikan untuk Syekh Yusuf karena ikut berjuang bersama masyarakat Afrika Selatan. Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela bahkan menyebut Syekh Yusuf sebagai 'Salah Seorang Putra Afrika Terbaik'.

Tak hanya di Afrika Selatan, pemerintah Indonesia di era Presiden Soeharto juga telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Syekh Yusuf pada Agustus 1995.
2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »