10 Nasehat Robert Kiyosaki Untuk Investor Pemula

6/29/2019

Nasehat dari seorang ahli juga bisa dijadikan salah satu strategi investasi. Sebagai contoh, mempelajari nasehat yang diberikan oleh Robert Kiyosaki yang merupakan pebisnis dan investor serta merupakan pengajar finansial terkemuka juga bisa menjadi pelajaran berharga. Jadi, yang dinamakan strategi investasi tidak melulu soal aplikasi terhadap bisnis Anda karena bisa juga mendengarkan nasehat kemudian mempelajari serta menerapkannya.
Berikut 10 nasehat Robert Kiyosaki untuk setiap investor pemula:
Buka diri terhadap pendidikan finansial
Menjadi investor membutuhkan pendidikan finansial baik Anda suka atau tidak. Dengan begitu Anda akan terbebas dari masalah finansial atau keuangan. Pendidikan finansial bisa menjadi kunci kekayaan dari investasi Anda. Tentu, pendidikan ini bisa dipelajari oleh seiapa saja. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih bisa mengelola keuangan investasi Anda.
Kontrol keuangan
Seorang investor harus bisa mengontrol keuangannya sendiri karena tidak ada yang lain yang lebih peduli terhadap keuanganmu serta keamanannya selain Anda sendiri. Bertanggungjawablah atas apa saja yang berkaitan dengan keuanganmu. Kiyosaki berkata“You’re either a master of money or a slave to it.”
Utamakan anggaran untuk diri Anda sendiri
Ketika Anda hendak berinvestasi, tentu Anda sudah seharusnya menyisakan anggaran untuk diri Anda sendiri sebelum yang lain. Jadi, sebelum mengeluarkan uang untuk investasi, anggarkan uang untuk diri Anda sendiri. Dengan ini, tentunya tidak akan ada masalah dengan keuangan pribadi Anda. Jika Anda pikir antara dana investasi dan dana untuk pribadi tidak cukup, tetap prioritaskan diri sendiri kemudian carilah investasi yang sesuai.
Miliki contingency plan
Contingency plan serta cadangan kas juga wajib dimiliki oleh para investor karena bertujuan untuk menutupi seluruh biaya ketika terjaadi sesuatu yang tak terduga seperti bisnis lesu, pekerjaan hilang dan lain sebagainya. Selain itu, biasanya ketika menghadapai masalah tertentu, kecerdasan seseorang akan menurun sebaliknya emosi yang akan meningkat. Ini juga harus diperhatikan oleh para investor ketika menghadapi resiko investasi.
Belanjakan dana investasi untuk aset
Tentu, menjadi investor adalah tentang menginvestasikan dananya. Dana harus diinvestasikan pada aset yang bisa menghasilkan kekayaan seperti strategi investasi properti. Anda tidak bisa mengembangkan kekayaan Anda ketika hanya membelanjakan investasi Anda pada mobil atau pakaian. Sedangkan rumah yang Anda pakai juga bukan merupakan aset investasi karena Anda masih harus membayar seluruh keperluan rumah.
Biarkan uang bekerja
Membiarkan uang bekerja untuk Anda sendiri merupakan nasehat berikutnya. Jika menyimpan uang di tabungan, tentu tidak bisa memberikan kekayaan. Berbeda dengan berinvestasi pada investasi yang tepat, maka uang Anda akan terus bekerja untuk Anda daripada Anda harus bekerja seumur hidup untuk mengumpulkan uang.
Ketahui perbedaan utang baik dan buruk
Kiyosaki mengatakan ada utang baik dan buruk yang harus diperhatikan. Utang baik misalnya mendapatkan hipotek yang kemudian digunakan untuk membeli properti yang akan menghasilkan pendapatan. Sedangkan contoh utang yang buruk adalah terlalu banyak mengeluarkan uang serta terlalu menumpuk utang di kartu kredit.
Belajar dari kesalahanmu
Belajar dari kesalahan merupakan poin penting untuk mengerti sejauh mana posisi Anda sebagai investor yang sukses atau tidak. Kiyosaki mengatakan “At the end of the day, successful people are those who practice, practice, practice, fail, fail, fail and eventually succeed as a result.” Artinya, bisa jadi investasi Anda gagal, tapi Anda harus terus bekerja hingga suatu saat kesuksesan berada di tangan Anda.
Ambil keuntungan dari anjloknya pasar
Investasi memiliki prinsip membeli dengan harga serendah-rendahnya kemudian menjual kembali dengan harga yang setinggi-tingginya. Namun, emosi investorlah yang membuatnya gagal memanfaatkan anjloknya harga pasar. Kiyosaki mengatakan investor sejati adalah mereka yang bisa memanfaatkan anjloknya harga pasar untuk tetap menghasilkan keuntungan.
Bekerjalah dengan sebuah tim
“Money is important to success, but it’s only a component. There are other people who help a venture to be successful.” Begitu kira-kira Kiyosaki menggambarkan tentang pentingnya sebuah tim. Uang hanya menjadi komponen tetapi tim adalah modal untuk bisa menjadi sukses. Jadi, pilihlah tim yang bisa bekerjasama dengan Anda.


Jadi, siapkah Anda menjadi investor pemula yang sejati dengan nasehat-nasehatnya?


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »