Peringatan Krisis 1998 akan terjadi di tahun 2020

6/26/2019


Pada suatu masa... yang perlu dilakukan seseorang hanya bersekolah, mendapatkan pekerjaan, bekerja keras, menabung, membeli rumah, melunasi hutang, berinbestasi jangka panjang di pasar saham, dan hidup bahagia untuk seterusnya.

Dongeng ini sudah berlalu
Salah satu alasan utama kesenjangan antara orang kaya, orang miskin, dam kelas menengah semakin melebar adalah dongeng ini. Singkat kata, orang-orang yang mengikuti dongeng ini terperosok ke jurang antara orang kaya dan miskim. Orang-orang yang masih percaya pada dongeng ini mengalami kesulitan keuangan hari ini.

Dua Puluh Tahun Lalu
Pada 1997ada peringatan terhadap krisis ekonomi mendatang yang kita alami hari ini. Dan, dua puluh tahun lalu, para pengusaha dikecam karena mengatakan rumah bukanlah aset dan penabung adalah pecundang. Namun waktu telah berubah.

Anda mungkin ingat, dua puluh tahun lalu, pada 1997, pasar saham mengalami booming, pekerjaan berlimpah. Singkat kata pada 1996, mudah saja menjadi kaya, hampir semua orang menjadi kaya.

Teman saya mengenyam pendidikan perguruan tinggi, mempunyai pekerjaan bagus, mengendarai mobil yang konservatif,mempunyai rumahnyang nilainya terus meningkat dan uang di pasar saham melalui program pensiun atau program pensiun pribadi. Saat itu kehidupanini menyenangkan. Mudah saja menjadi seorang jutawan. Mimpi amerika saat itu adalah kenyataan.

Peringatan
Pada 1996, Ketua Federal Reserve, Alan Greenspan, memperingatkan bahayanya "kegembiraan yang tidak rasional", yang artinya saat itu banyak orang yang mabuk dan mengigau, percaya bahwa menjadi kayaitu mudah.

Pada 1997 kami menawarkan  gagasan yang bertolak belakang, karena kami tidak percaya pada jaminan kerja, menabung uang, hidup dibawah kemampuan, mengendarI mobil yang irit, melunasi hutang, atau berinvestasi jangka panjang di pasar saham.

Dunia Berubah
Lalu pada tahun 2000, ledakan gelembung dot-com, peristiwa 11 september membuoa fakta terorisme glonal yang tidak jauh dari pintu kita, ledakan gelembung real estat pada 2007, dan keruntuhanbank terbesar di Amerika pada 2008. Suku bunga terpangkas hingga dibawah nol dan penabung menjadi pecundang. Harga minyak yang anjlok menyebabkan perekonomian berbasis minyak menjadi goyah, dan perang melawan Teror meningkat. Uni Eropa bersitegang saat yunani, Italia, dan Spanyol terpuruk. Yang kaya menjadi semakin kaya saat pasar saham mencapai ketinggian baru... tapi kelompok, pekerja miskin dan kelas menengah menjadi semakin miskin. Hari ini, dunia terombang ambing menghadapi krisis ekonomi ter uruk dalam sejarah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »